Semua

Mengulas Bakat Calon Pengusaha yang Mungkin Anda Miliki

Siapa sih, yang tak ingin menjadi pengusaha? Banyak orang yang merasa bahwa menjadi pengusaha merupakan bentuk kesuksesan dan puncak karir. Bagaimana tidak? Menjadi pengusaha berarti Anda memiliki kendali penuh terhadap jam kerja Anda. Di samping itu, bekerja menjadi pengusaha akan membuat Anda semakin dituntut kreatif dan aktif dalam menuangkan gagasan baru di unit usaha yang Anda pegang. Nah, dalam hal ini, Anda pasti pernah mendengar bahwa menjadi seorang pengusaha adalah perkara bakat. Walaupun tak semua orang memiliki kualitas sempurna menjadi pengusaha, ada beberapa karakter pengusaha yang mungkin Anda miliki.

Karakter Calon Pengusaha yang Mungkin Ada Dalam Diri Anda

Disadari atau tidak, setiap orang memiliki bakat menjadi pengusaha yang tentunya sayang jika tidak tersalurkan dengan baik. Dalam hal ini, apabila Anda ingin menjalankan usaha dan memperoleh hasil yang signifikan, mungkin ada baiknya Anda menilai kondisi diri Anda terlebih dahulu. Kira-kira, apakah Anda memang memiliki bakat menjadi seorang pengusaha? Yuk, intip beberapa karakter yang dominan pada diri pengusaha:

  1. Anda memiliki standar tersendiri tentang kesuksesan. Bagi Anda, konsep sukses yang ingin dicapai berbeda dengan konsep sukses yang disodorkan oleh orang lain. Anda memiliki ekspektasi terhadap diri sendiri dan tak puas jika harus memenuhi keinginan orang lain akan diri Anda. Pilih jalan Anda sendiri, karena Andalah yang menjalani hidup.
  2. Seorang pengusaha akan merasa khawatir jika pilihannya tak tepat. Jika Anda kerap merasa was-was dalam mengambil keputusan, bisa jadi itu adalah salah satu tanda bahwa Anda berbakat dalam dunia bisnis. Kuncinya, seimbangkan perasaan was-was tersebut dengan kemampuan analisis yang baik sehingga mampu memperoleh solusi terbaik.
  3. Resiko memang selalu ada dalam pilihan yang dibuat oleh manusia. Namun, seorang pengusaha yang memiliki bakat sukses tidak akan ragu mengambil resiko yang ada di depan mata. Apalagi jika perhitungan mengenai resiko dan keuntungan yang diambil tampak menguntungkan, Anda pasti tak akan pikir panjang untuk mengambil resiko itu.
  4. Seorang pengusaha memandang pekerjaan yang ia jalani merupakan panggilan hati, sehingga susah senang dan jatuh bangun yang dijalani selama bekerja merupakan hal yang bisa dinikmati. Tak seperti kebanyakan orang yang memilih pekerjaan untuk urusan karir dan memenuhi kebutuhan hidup, pengusaha sukses memandang pekerjaannya sebagai kebutuhan jiwa.
  5. Anda mungkin dianggap ambisius oleh banyak orang. Padahal, sikap ambisius merupakan salah satu aspek penting yang perlu Anda miliki selama bekerja menjadi pengusaha. Walaupun diperlukan dalam kadar yang sedikit, sikap ambisius merupakan salah satu pengobar semangat agar Anda bisa membuktikan diri Anda kepada orang lain, terutama yang pernah merendahkan Anda.
  6. Tujuan Anda bekerja tak hanya untuk diri sendiri, namun juga bagi orang lain. Di saat banyak orang terkungkung dengan konsep hidup ‘sukses’ sebatas memiliki uang banyak, kendaraan dan harta mentereng, Anda mungkin memikirkan kebermanfaatan pekerjaan dan usaha yang Anda jalani untuk orang lain. Bagi Anda, kebahagiaan dan berkah yang Anda peroleh merupakan hal yang patut dibagikan.
  7. Anda juga teguh memegang prinsip dan konsep kesuksesan yang Anda hadapi. Dalam hal ini, mungkin Anda memikirkan tentang kesuksesan teman atau kerabat. Namun, dalam hati kecil Anda, prinsip mengenai kesuksesan dari kacamata Anda sendiri sangat berbeda. Anda mungkin menggambarkan kesuksesan sebagai keseimbangan antara kehidupan material dan spriritual.
  8. Kemampuan analisis yang mumpuni merupakan karakter seorang pengusaha sukses yang bisa dijadikan patokan. Dalam hal ini, Anda memiliki kemampuan untuk menganalisis berbagai pilihan positif yang ada di depan mata. Tak hanya itu, kemampuan Anda pun berkembang untuk menentukan pilihan terbaik dari opsi positif yang ada.
  9. Sikap optimis juga menjadi salah satu hal yang paling menonjol dari seorang pengusaha. Dalam hal ini, kesuksesan orang lain tidak menjadikan Anda berkecil hati, namun justru mengobarkan semangat Anda untuk terus berjuang mencapai target dan tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Jadi, tak ada kata menyerah di kamus Anda.
  10. Bagi sebagian orang, Anda mungkin tampak idealis ketika menyangkut urusan lingkungan kerja dan rekan kerja. Namun, banyak orang yang menjadi pengusaha justru karena menginginkan lingkungan kerja yang membahagiakan dan ‘nyaman’. Kebebasan dalam bekerja, menemukan lingkungan serta rekan kerja yang memiliki visi misi sama, merupakan kepuasan batin bagi Anda.

Membangun Sikap Pengusaha Ideal di Era Millenial

Bagi Anda yang ingin membangun sikap pantang menyerah, kegigihan dan semangat yang kuat, Anda bisa mencoba banyak cara agar Anda tetap bisa membangun diri sendiri untuk siap menjawab tantangan zaman. Dalam hal ini, ada banyak cara yang bisa ditempuh, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Belajarlah dari pengalaman orang lain. Namun, pelajari juga cerita kegagalan yang dialami oleh teman atau kolega Anda, tak melulu pengalaman sukses yang mereka jalani.
  2. Ketahui kekurangan dan batasan yang Anda miliki, karena dengan mengenal diri sendiri, maka Anda pun bisa menjalankan usaha dengan jauh lebih mudah.
  3. Gali inspirasi dari banyak sumber, tak melulu internet lho. Membaca buku, mendengarkan podcast, membaca artikel yang bermanfaat sesuai peminatan Anda pun bisa sangat membantu. Salah satu sumber yang bisa memberikan informasi lengkap adalah co.id.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh pengalaman terbaik dalam mengembangkan diri. Dengan menggunakan kiat di atas, maka Anda pun mampu menjalankan bisnis dengan lancar. Semoga berhasil!